This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Rabu, 11 Februari 2015

KPK vs POLRI

Banyak pemberitaan yang menayangkan tentang kedua kubu antara kpk dan polri yang sedang memanas. Seperti kita ketahui ketegangan ini kemudian dikhawatirkan akan memantik kembali api perseteruan “cicak vs buaya” yang pernah terjadi pada tahun 2009 silam, Istilah "Cicak Vs Buaya" berasal dari mantan Kepala Bareskrim Polri, Susno Duadji, yang mengibaratkan  KPK sebagai cicak sementara Kepolisian sebagai buaya.
Banyak pihak menilai politis keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus penerimaan hadiah dan transaksi mencurigakan.
Termasuk Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon juga mengkritik keputusan Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) menjadikan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Menurutnya, KPK sering tidak memiliki landasan yang jelas dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka.
"Tidak pernah diperiksa kok bisa menjadi tersangka. Itu sangat sumir," kata Fadli, Senin (19/1).
Budi Gunawan, misalnya, ditetapkan sebagai tersangka untuk kasus yang terjadi pada 2006 dan di saat Budi telah mendapat persetujuan presiden sebagai calon Kapolri.
Fadli mengingatkan, KPK untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya. KPK jangan terjebak permainan politik dalam menegakan hukum. Dia juga meminta KPK untuk berhenti mengeluarkan pernyataan-pernyataan politis.
"Penegak hukum tidak usah banyak omong," ujar Fadli.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memeriksa saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait transaksi-transaksi mencurigakan dengan tersangka Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan.

KPK memanggil Direktur Penyidikan Pidana Umum Badan Reseserse Kriminal (Dirtipidum Bareskrim) Polri Brigjen Pol Drs Herry Prastowo dan dosen utama Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Kombes Pol Drs Ibnu Isticha sebagai saksi untuk tersangka Budi Gunawan di Jakarta, Senin.

"Keduanya diperiksa untuk tersangka BG (Budi Gunawan)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi Priharsa Nugraha, Senin (19/1).

Sebelumnya Ketua KPK menyatakan bahwa kasus tersebut akan dipercepat agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.
Komjen Pol Budi Gunawan masih menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri meski sudah disetujui oleh DPR sebagai pengganti Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

Namun Presiden Joko Widodo pada Jumat (16/1) memerintahkan Wakapolri Komjen (Pol) Badrodin Haiti untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab Kapolri.

Dalam perkara ini, KPK sudah mencegah empat orang pergi keluar negeri, mereka adalah Budi Gunawan; anaknya Muhammad Herviano Widyatama; asisten Budi yaitu anggota Polri Iie Tiara serta pengajar Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Inspektur Jenderal Pol Syahtria Sitepu sejak 14 Januari 2015.
Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, Rabu 14 Januari 2015, mengungkapkan bahwa untuk mencegah terulangnya insiden Cicak vs Buaya, pimpinan KPK telah bertemu Kapolri, Jenderal Polisi Sutarman, guna memaparkan apa yang terjadi saat ini.

"Saya sudah ketemu Kapolri. Ada beberapa pernyataan menarik. Satu, ini bukan kasus yang sama seperti dulu. Dua, Kapolri menyatakan menghormati proses yang sedang berjalan," kata Bambang.

Bambang menambahkan, Kapolri dan perwira tinggi Mabes Polri cukup paham dan mengerti dengan kasus yang menimpa Komjen Pol Budi Gunawan.

"Kami memberitahukan bahwa seorang pejabat tinggi polri aktif sudah ditingkatkan statusnya jadi tersangka. Kami menghendaki konsolidasi kedua lembaga ini harus tetap dilakukan," ujar Bambang.

KPK menetapkan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan gratifikasi saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SSDM Mabes Polri tahun 2004-2006 dan jabatan-jabatan lainnya di Polri.

Penetapan jenderal berbintang tiga ini cukup mengejutkan, karena ia sebentar lagi akan menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian.
 
Sumber : 
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/577875-kpk-yakin-cicak-vs-buaya-tak-terjadi-di-kasus-budi-gunawan
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/15/01/19/nieos6-kpk-tetapkan-budi-gunawan-tersangka-fadli-zon-tidak-usah-banyak-omong

Pro dan Kontra Pembatasan Harga Tiket Pesawat Murah

Berbicara mengenai masalah pembatasan harga tiket pesawat murah banyak pro dan kontra didalamanya. Menurut menteri perhubungan Ignaus Jonan , beliau memiliki alasan mengeluarkan kebijakan pengaturan tarif batas murah. Tarif batas bawah diatur 40% dari tarif batas atas, sehingga maskapai tidak bisa menjual tiket murah. Jonan tidak ingin maskapai mengabaikan aspek keselamatan karena harga tiket yang dijual terlalu murah.

Menurut Jonan, dirinya tidak akan mengubah kebijakan tersebut, kecuali ada keputusan yang menyebutkan kebijakan tersebut melanggar ketentuan seperti persaingan usaha. Jonan menegaskan, kebijakan tersebut murni terkait keselamatan penerbangan. "Saya nggak urus bisnis. Saya urusi keselamatan dan pelayanan transportasi," terangnya.

Praktis, kini, masyarakat pengguna penerbangan domestik, sudah tidak bisa menikmati tiket murah lagi. Pemerintah melarang semua maskapai penerbangan domestik jor-joran tiket murah. Lha, siapa yang dirugikan? Wartawan Surabaya Pagi, di Jakarta Umar Satrio, melaporkan.

Selama ini, Batik air, grup Lion, misalnya, pada penerbangan normal, mematok tarip Rp 560 ribu. Ini untuk kelas ekonomi Surabaya-Jakarta. Sementara Garuda, juga kelas ekonomi, rute yang sama Rp 1,2 juta. Business class Rp 3,8 jutam Bisa jadi tak lama lagi, Batik Air memasang tarip RP 900 ribu dan Garuda Rp 1,6 juta. Semuanya untuk kelas ekonomi. Sementara kelas business, Garuda bisa menjual Rp 4,2 juta dan Batikair, Rp 2 juta. Mahalkah tarip tiket sebesar ini. "Masih lebih murah dibanding tiket di Amerika Serikat," kata Menhub Jonan, di Jakarta, Kamis kemarin (8/1). Tarif itu pada posisi batas atas.

‎"Di Amerika, Los Angeles ke Arizona sama persis 1 jam 5 menit, harga tiket US$ 260-340. Coba bayangkan," tegas Alwi. Dengan menggunakan kurs dolar AS Rp 12.000, biaya tiket pesawat Los Angeles-Arizona adalah Rp 3,1-4 juta.

Itu sebabnya, berdasarkan pertimbangan keselamatan, biaya operasional maskapai penerbangan yang mencakup harga perawatan pesawat, bahan bakar, gaji pegawai, dan aspek lainnya, pemerintah menetapkan tarif batas bawah tak boleh kurang dari 40% tarif batas atas.

"Anda tahu fuel consumption Boeing 737.800? Itu 32% untuk BBM saja. Bagaimana maintenance overhaul, hal-hal lain? Termasuk penyusutan pesawat dan sebagainya," jelas Alwi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator transportasi baru mengeluarkan kebijakan pengaturan tarif batas bawah untuk maskapai penerbangan. Tarif batas bawah dipatok 40% daripada tarif batas atas.

Pertimbangan tarip baru ini, mempertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan selama perjalanan sehingga angkutan udara bisa sampai di tujuan dengan selamat. Mengingat, dengan tarip baru, maskapai dapat meraih pendapat yang cukup untuk membiayai keselamatan penerbangan.

"Ini penting karena disampaikan masyarakat. Lebih baik kita nggak berangkat daripada nggak tiba. Maka safety kita jaga paling depan sehingga apapun yang ditetapkan dikaitkan dengan safety. Kita nggak ingin meresikokan nyawa orang," kata Kapuskom Kemenhub J.A. Barata di Kemenhub, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Sebelum terbit aturan ini, Kemenhub masih membuka pintu bagi maskapai untuk mengajukan permintaan program tiket promosi yang bisa dijual dengan harga sangat murah seperti Rp 0.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan secara resmi telah mengeluarkan peraturan tentang penetapan tarif batas atas penumpang kelas ekonomi untuk angkutan udara berjadwal di dalam negeri. Peraturannya bernomor 91 Tahun 2014. Peraturan ini merupakan kunci dari pembatasan penjualan tiket murah, karena Jonan mematok tarif batas bawah sebesar 40% dari tarif batas atas.

Ini merupakan perubahan kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 51 Tahun 2014 tentang mekanisme formulasi perhitungan dan penetapan tarif batas atas penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Pada aturan ini ditetapkan sebagai berikut: Pasal 1 Ayat 1. Badan usaha angkutan udara wajib menetapkan besaran tarif normal; Ayat 2. Tarif normal sebagaimana dimaksud pada ayat 1 merupakan tarif jarak terendah sampai dengan tarif jarak tertinggi; Ayat 3. Tarif normal sebagaimana dimaksud pada ayat 1 tidak boleh melebihi tarif jarak tertinggi yang ditetapkan oleh menteri dan sesuai kelompok pelayanan yang diberikan; Ayat 4. Badan usaha angkutan udara dalam menetapkan tarif normal serendah-rendahnya 40% dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan yang diberikan

Peraturan baru ini berlaku untuk semua penerbangan domestik, dan mulai berlaku sejak ditandatangani pada tanggal 30 Desember 2014. Sedangkan untuk penerbangan internasional aturan ini tidak berlaku.

"Ketentuan ini mulai berlaku sejak ditandatangani," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Muhammad Alwi di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Dengan demikian Pasca terbit aturan baru ini, praktis tidak ada ruang bagi maskapai domestic yang akan menawarkan tiket murah yang lebih rendah dari batas bawah. Sebelum terbit aturan ini, Kemenhub masih membuka pintu bagi maskapai untuk mengajukan permintaan program tiket promosi yang bisa dijual dengan harga sangat murah seperti Rp 0. n

Sumber :
http://brita.indo.com/2015/01/ini-alasan-menhub-jonan-batasi-harga-tiket-pesawat-murah/
http://www.surabayapagi.com/index.php?read~Tiket-Surabaya-Jakarta,-Bisa-Rp-1,6-Juta;166a3e7c8c1687aa2f79b27d6158561769c7e58a695614304006975d40

Teknologi Informasi Komputer di Balik Black Box

Hallo berbicara tentang Black Box pasti tidak jauh dengan pesawat terbang . Yups , Black Box adalah suatu alat yang digunakan dalam bidang transportasi yang berfungsi merekam data penerbangan (flight data recorder,FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder,CVR) yaitu untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau ATC serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.
Awalnya ide pembuatan Black Box diambil dari sebuah alat tape recorder yang berukuran saku , untuk dilanjutkan menjadi alat yang merekam semua arus komunikasi dalam penerbangan. Alat rekaman ini kemudian dimasukkan ke dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat.  Kotak ini kemudian dilapisi asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut rusak karena panas.
Alat perekam data penerbangan ini , umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder . Namun perkembangan baru, kini telah digunakan FDR ataupun CVR yang merekam menggunakan chip memori khusus.
Muncul kekhawatiran pembicaraan para pilot selama penerbangan tersiar ke masyarakat umum dan disalahgunakan. Untuk mengatasi ini, dibuatkan komputer khusus yang disambungkan ke perekam. Dengan bantuan grafik, bisa dihasilkan gambar dari setiap kejadian.
Dalam perkembanganya. FDR dan CVR tidak lagi menggunakan magnetic tape sebagai media penyimpanan informasinya melainkan dengan menggunakan Microchip Solid State. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan dibandingkan dengan magnetic tape diantaranya :
  1. Solid state mampu merekam data FDR sekitar 700 parameter, sedangkan magnetic tape hanya hanya sekitar 100 parameter.
  2. Solid state mampu merekam data CVR selama 22 jam/siklus, sedangkan magnetic tape hanya mampu 30 menit/siklus.
Untuk dapat dianalisis, data dan FDR dan CVR dibaca dengan menggunakan peralatan dan piranti lunak khusus. Di Amerika Serikat, hal ini dilakukan di laboratorium badan keselamatan transportasi nasional National Transportation Safety Board (NTSB), yang memperoleh Read Out System dan Software dan pembuat Black Box. Proses ini dapat memakan waktu mingguan bahkan berbulan-bulan. Hasil analisa dan Black Box bukanlah satu-satunya sumber untuk dapat menyimpulkan penyebab suatu kece-lakaan. Para penyelidik di Indonesia yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) harus menggabungkan dan mengsinkronisasikannya dengan berbagai macam temuan lainnya untuk dapat menyimpulkan secara utuh dan komprehensif. Badan Otoritas Penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA)mewajibkan pesawat terbang komersial merekam sedikitnya 11 hingga 29 parameter, tergantung dari ukuran pesawat yang kemudian aturan ini diperbaharui pada tanggal 17 Juli 1997. Pesawat yang dibuat sesudah tanggal 19 Agustus 2002 diwajibkan untuk memiliki Black Box untuk merekam sedikitnya 88 parameter.
Seiring dengan perkembangan teknologi, Black Box (Kotak Hitam) ini juga terus dioptimasi agar fungsinya bisa semakin maksimal. Contoh kecil dahulu awal-awal ditemukan alat perekamnya masih menggunakan pita kaset biasa sekarang sudah diubah menjadi sebuah chip yang memiliki memori yang khusus, bahkan ada yang mengusulkan tidak hanya bisa merekam suara (voice), kedepan sebuah Black Box (Kotak Hitam) bisa dilengkapi dengan video recorder untuk merekam aktivitas pilot dan co pilot pada detik-detik menjelang kecelakaan.

Sumber : 
http://firstynurhafitry.blogspot.com/2015/01/teknologi-informasi-dan-informasi.html

Teknologi Pendeteksi Keberadaan Black Box AirAsia QZ8501

1. Black Box Air Asia QZ8501 Terdeteksi Tiga Kapal Pencari
Tim penyelam mencoba mengangkat ekor pesawat Air Asia QZ8501. Sinyal black box (kotak hitam) pesawat Air Asia QZ8501 mulai terdeteksi di tengah-tengah upaya pengangkatan bagian ekor pesawat. “Ya betul ada terdeteksi, 1 km arah timur dari penemuan ekor,” ujar Direktur operasional Basarnas SB Supriyadi, Ahad (11/1). Sinyal black box, ujarnya, terdeteksi oleh tiga kapal yang berada tidak jauh dari ekor pesawat. Posisi kotak hitam yang berada di luar kotak hitam itu, disebutnya karena diduga terlempar dari bagian ekor pesawat yang hilang kontak pada 28 Desember 2014 lalu itu. Ketiga kapal yang berhasil menemukan sinyal black box pesawat Air Asia tersebut, yaitu Baruna Jaya, Java Interior, dan Geo Survey. “Ini lagi mau dicek dengan melakukan penyelaman. Lagi kita kirim penyelam dari kapal KN Pacitan ke kapal-kapal itu,” kata Supriyadi.
2. Baruna Jaya Fokus Temukan Kotak Hitam
Kapal Baruna Jaya IV BPPT bergerak melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 yang jatuh di perairan Belitung, Ahad (28/12). Kapal riset Baruna Jaya I diminta fokus menemukan kotak hitam pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di perairan Teluk Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Perekayasa madya BPPT Yudo Haryadi melalui sambungan telpon kepada Antara di Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu mengatakan penekanan pencarian Baruna Jaya I dari Basarnas untuk mencari kotak hitam dulu. Pergerakan kapal riset ini pun, menurut dia, berada di bawah koordinasi Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT). “Ada tiga kapal yang membawa ‘pinger locator’ yang di berada di lokasi pencarian dan itu dikoordinasikan oleh KNKT,” ujar dia. Sejauh ini, menurut dia, “pinger locator” Baruna Jaya I baru menangkap indikasi signal atau ping kotak hitam pesawat yang dicari di beberapa lokasi. Namun belum ada yang terkonfirmasi hingga pencarian hari ke-14. Saat ini, Yudo mengatakan Baruna Jaya I masih mencoba mencari atau menangkap signal dari kotak hitam di radius yang tidak begitu jauh dari penemuan ekor pesawat. “Pinger locator” dapat menangkap signal dari kotak hitam sekitar enam kilometer. Kapal riset ini, menurut dia, masih “disiplin” menyisir sektor prioritos kedua untuk menemukan kotak hitam sesuai dengan arahan Badan SAR Nasional. Sebelumnya, Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama SB Supriyadi mengatakan kotak hitam yang menyimpan Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Air Asia QZ8501 diduga telah terpisah dari ekor pesawat. “(Kotak hitam) tidak ada (di ekor pesawat). Jadi kemungkinan sudah berpisah dengan ekornya,” katanya. Hanya saja, ia mengatakan letak pasti dari benda yang mengeluarkan signal tersebut belum dapat ketahui. “Letaknya belum bisa kita pastikan, masih berupa kemungkinan-kemungkinan. Namun beberapa kapal pencari yang membawa ‘pinger locater’ menangkap signal yang berada satu kilometer (km) sebelah tenggara dari ekor pesawat yang telah ditemukan,” ujarnya. “Lebih dan kurangnya seperti itu, sehingga sekarang upaya mendeteksi dengan pinger ini terus dilakukan supaya dapat lokasinya yang tepat, sehingga nanti penyelam bisa turun ke lokasi yang tepat,” ujar dia
3. Sinyal Ping QZ 8501 Diduga Berhasil Diidentifikasi
Potongan bagian ekor pesawat AirAsia QZ8501 setelah berhasil diangkat dari dasar laut dengan menggunakan “floating bag” oleh tim penyelam gabungan TNI AL dan ditempatkan di atas kapal Crest Onyx, di perairan Laut Jawa, Sabtu (10/1). Kapal riset Baruna Jaya I (BJ1) tengah mengidentifikasi sinyal PING yang diduga kotak hitam pesawat Air Asia QZ 8501 yang jatuh di perairan Teluk Kumai, Kalimantan Tengah (Kalteng). Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi dan Pengembangan Sumberdaya Alam Ridwan Djamaluddin dalam keterangannya di Teluk Kumai, Kalteng, Ahad (11/1), mengatakan temuan sinyal tersebut berada sekitar empat kilometer (km) dari area temuan ekor pesawat Air Asia QZ 8501. Ia menduga kuat obyek tersebut adalah kotak hitam yang tengah menjadi fokus pencarian tim SAR gabungan. Saat ini, ada tiga Kapal Survei yang dikoordinasikan Basarnas yang tengah melakukan verifikasi terhadap dugaan obyek kotak hitam tersebut. “Mudah-mudahan tidak salah. Karena tiga alat dari tiga kapal, ketika memanggil, pingnya menjawab dari kotak hitam,” katanya. Sementara itu Penanggung Jawab Puskodal Operasi Baruna Jaya I BPPT Imam Mudita mengatakan dugaan obyek tersebut berada sekira 4,5 km dari area temuan ekor pesawat Air Asia QZ 8501. “Frekuensi kotak hitam 37,5 khz, terus kita dengarkan dan dipantau koordinatnya,” ujar dia. Sebelumnya, Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama SB Supriyadi mengatakan kotak hitam yang menyimpan Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Air Asia QZ 8501 diduga telah terpisah dari ekor pesawat. “(Kotak hitam) tidak ada (di ekor pesawat). Jadi kemungkinan sudah berpisah dengan ekornya,” katanya. Hanya saja, ia mengatakan letak pasti dari benda yang mengeluarkan signal tersebut belum dapat ketahui. “Letaknya belum bisa kita pastikan, masih berupa kemungkinan-kemungkinan. Namun beberapa kapal pencari yang membawa ‘pinger locater’ menangkap signal yang berada satu kilometer (km) sebelah tenggara dari ekor pesawat yang telah ditemukan”. “Lebih dan kurangnya seperti itu, sehingga sekarang upaya mendeteksi dengan pinger ini terus dilakukan supaya dapat lokasinya yang tepat, sehingga nanti penyelam bisa turun ke lokasi yang tepat,” ujar dia.
  1. Black Box Air Asia QZ8501 Diperkirakan Berada 4 Kilometer dari Ekor  Pesawat
Serpihan pesawat Air Asia QZ8501 disimpan di ruang Disasater Victim Identification (DIV) Polri di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Kamis (8/1). (Antara/Prasetyo Utomo) Kapal riset Baruna Jaya I (BJ1) tengah mengidentifikasi sinyal PING yang diduga kotak hitam pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di perairan Teluk Kumai, Kalimantan Tengah. “Temuan sinyal tersebut berada sekitar empat kilometer dari area temuan ekor pesawat Air Asia QZ 8501,” terang Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi dan Pengembangan Sumberdaya Alam Ridwan Djamaluddin, Ahad (11/1). Ia menduga, obyek tersebut adalah kotak hitam yang tengah menjadi fokus pencarian tim SAR gabungan. Untuk memastikannua, tiga kapal survei yang dikoordinasikan Basarnas tengah memverifikasi obyek tersebut. “Mudah-mudahan tidak salah. Karena tiga alat dari tiga kapal, ketika memanggil, ping-nya menjawab dari kotak hitam,” katanya. Sementara itu Penanggung Jawab Puskodal Operasi Baruna Jaya I BPPT Imam Mudita mengatakan dugaan obyek tersebut berada sekitar 4,5 km dari area temuan ekor pesawat AirAsia QZ 8501. “Frekuensi kotak hitam 37,5 khz, terus kita dengarkan dan dipantau koordinatnya,” ujar dia.

Sumber : 
http://abarky.blogspot.com/2015/01/pencarian-black-box-airasia-qz8501.html

Tokoh Indonesia Paling Berpengaruh Bidang Teknologi Informasi

Semakin berkembangnya Teknologi dan Informatika di Indonesia tak lepas dari campur tangan para tokoh penting dan para anak bangsa yang banyak berkontribusi dalam perkembangan dunia Teknologi dan Informatika di Negeri berlambang Burung Garuda ini. Kontribusi para tokoh penting di Indonesia ini juga tak hanya sebentar karena butuh waktu yang cukup lama untuk memberi pengaruh perubahan dalam dunia Teknologi dan Informatika . Dan artikel kali ini akan membahas seputar Tokoh-tokoh Penting di Indonesia Bidang Informatika. Berikut daftar  Tokoh Indonesia Paling Berpengaruh Bidang Informasi.

1.       Onno W Purbo (Bapak Internet Indonesia)
Tokoh Indonesia pertama yang paling berpengaruh di bidang Informatika ini adalah Onno W Purbo pria kelahiran 17 Agustus 1962, Bandung ini di kenal sebagai Profersor di ITB. Dia juga di kenal sebagai ahli/pakar di bidang Teknologi Informasi di Indonesia, banyak kontribusi yang ia berikan terhadap kemajuan Teknologi Informasi di Indonesia. Salah satu gagasan yang paling terkenalnya adalah RT/RW-Net yang mengukir Sejarah Internet Indonesia. Ia juga aktif menulis di bidang teknologi informasi di berbagai media, berbagai seminar dan konferensi nasional maupun internasional terutama untuk memberdayakan masyarakat indonesia berbasis pengetahuan. Salah satu website referensi yang recomend dari dia salah satunya opensource.telkomspeedy.com

2.       I Made Wiryana
Di urutan ke 2, Tokoh paling berpengaruh bagi dunia Informatika Indonesia ini adalah I Made Wiryana seorang tokoh Indonesia yang terkenal di kalangan pengguna Sistem Operasi (Open Source) Linux di Indonesia. Berawal dari cerita di saat dia melanjutkan pendidikan S2 nya di Australia karena keharusannya menggunakan software original yang berbayar dia berusaha untuk mencari alternatif Software yang bersifat open source yaitu Linux di awal menggunakan Linux dia masih awam dengan OS itu kemudian ia pun mencari beberapa referensi untuk memperdalam ilmunya dan hingga sekarang dia semakin ahli hingga terkenal sebagai pakar dalam bidangnya.

3.       Romi Satrio Wahono
Di urutan ke tiga ini ada Seorang peneliti sekaligus founder IlmuKomputer.com salah satu website yang menjadi kontribusi besar bagi para masyarakat Indonesia yang ingin belajar serta membagikan beberapa ilmunya di website tersebut. Selain menjadi peneliti di juga aktif sebagai dosen serta menjadi pembicara di setiap seminar bidang Teknologi Informasi. Berbagai penghargaan dari Pemerintah Indonesia dan Dinas Pendidikan lewat kontribusi nya memberikan pembelajaran mengenai ilmu komputer kepada masyarakat Indonesia melalui website atau beberapa referensi yang di buatnya.

4.       Budi Raharjo
Di urutan ke empat ini ada seorang Profesional Bidang IT sekaligus Blogger yaitu Budi Raharjo mempunyai lebih dari belasan blog dengan domain yang berbeda. Dia merupakan blogger Indonesia dengan kemampuan teknologi yang tidak diragukan lagi. Memulai karir di dunia maya sejak duduk di bangku kuliah di ITB, Budi kemudian mengembangkan kemampuannya dengan menapaki jenjang karir yang berbeda-beda. Memang sudah cukup banyak kontribusi yang ia berikan di dunia internet Indonesia.

5.       Jim Geovadi
Dan di urutan terakhir ini mungkin sudah tak asing lagi bagi para hacker Indonesia maupun para profesional IT Security ialah Jim Geovedi. Seberapa pengaruh kah dia dalam hal perkembangan Teknologi Informasi Indonesia! mungkin banyak pengguna IT di Indonesia bisa berbangga karena keberadaannya pria berkacamata ini terkenal lewat aksinya yang bisa meretas sebuah satelit serta mengubah arah atau rotasi satelit itu. Dia salah satu dari banyak Inspirator tokoh Indonesia yang bisa memberi semangat bagi para penerus bangsa yang ingin mendalami ilmu bidan Teknologi Informasi.
 
Sumber : 
https://dimasadi16.wordpress.com/2014/11/13/tokoh-indonesia-paling-berpengaruh-bidang-teknologi-informasi/
 
http://faqihshofyan.blogspot.com/2014/05/tokoh-indonesia-di-bidang-it.html

Analisis Desain Web



Textual Content.

Isi dari web animeindo.tv ini sudah jelas berisi tentang live streaming anime (kartun jepang) untuk para peminatnya. Setelah kita mencari di kolom search anime yang akan kita lihat maka akan muncul synopsis dari anime tersebut dalam bentuk seperti gambar di atas, lalu di bawahnya terdapat episode dari anime-anime tersebut.

Graphic Design.


Tampilan dari web ini sangatlah menarik dan mudah untuk dimengerti para pengguna/penikmatnya. Ketika pengguna ingin menonton anime kesukaannya maka tinggal klik saja di kolom pencarian lalu ketikkan judul animenya setelah itu pengguna dapat menontonnya langsung di web tersebut.


Navigation.

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas adalah kolom-kolom navigasi pada web ini. Navigasi ini di buat untuk mempermudah para pengguna untuk mencari anime kesukaannya.


Structure Web.

Header berisi logo web tersebut dan kolom navigasi.
Isi konten berisi tentang update terbaru isi dari animeindo.tv ini.
Footer berisi tentang anime yang sedang populer setiap minggunya serta user yang sedang berada di web tersebut.

Links.

Ketika pengguna sudah memilih anime yang dia sukai, maka hanya tinggal meng-klik button start pada kolom streaming video tersebut untuk memutar videonya. Adapun pengguna yang ingin mengkoleksi animenya adalah dengan cara mendownloadnya, dengan cara mendownloadnya pengguna akan di pindahkan ke tab baru tempat untuk mendownload anime tersebut.






http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html