Senin, 27 Januari 2014

Tugas Teori Organisasi Umum 2



1. Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
2. Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
3. Jika terdapat bentuk organisasi seperti di bawah ini :


 


 a. Berapa arus hubungan komunikasi?
  b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !
4. Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
5. Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan               keuntungan – keuntungan tersebut dan berikan contoh ?

Jawab : 
1.       1. Pembagian kerja umumnya dilakukan untuk meringankan beban pekerjaan dalam suatu organisasi. Hal ini biasanya di bentuk dalam satuan divisi yang kemudian memiliki anggota divisi dan memiliki tugas masing-masing. Misalnya suatu organisasi sekolah katakanlah OSIS memiliki sekretaris bidang masing-masing yang mewakili satu tujuan. Misalnya bidang keilmuan : tugas umumnya adalah memperkenalkan suatu jenis bidang ilmu kepada siswa agar lebih paham. Hal ini dilakukan untuk menyamaratakan tugas dan kewaiban, walaupun kewajiban ketua dengan anggota sama namun bidang pekerjaan yang dimiliki berbeda. Hal ini lah yang kemudian mengaruskan satu tim organisasi dilatyih kekompakan dan kerjasamanya. Organisasi yang dibentuk oleh sekelompok orang harus memiliki tujuan dan cita-cita yang sama sehingga mempermudah tim dalam melaksanakan pekerjaannya.
2.    2. Standarisasi akan mewujudkan kedisiplinan yang akan mendorong para anggota organisasi agar mengikuti standar dan aturan yang telah di tetapkan, jika ada anggota lain yang tidak bisa mengikuti standar yang berlaku, maka akan mempengaruhi kinerja organisasi tersebut.
3.        3. a.) Ada satu hubungan komunikasi yaitu antara si A dengan I, II, III, dan IV

4.   4. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu orang kepada yang lain. Komunikasi dilakukan secara lisan atau tertulis, verbal yang dapat dipahami kedua belah pihak yang melakukan komunikasi tersebut. apabila terjadi perbedaan bahasa, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik. Dengan komunikasi yg baik, maka penyampaian informasi dapat mudah dimengerti oleh kedua belah piak yang saling berkomunikasi. Apabila proses dalam penyampaian bahasa terjadi kesalahtafsiran, maka informasi yang diterima dapat sedikit atau salah sama sama sekali.
5.     5. Struktur sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang terpusat pada seseorang saja, dan sedikit formalisasi. Struktur sederhana paling banyak dipraktikkan dalam usaha-usaha kecil di mana manajer dan pemilik adalah orang yang satu dan sama. Kekuatan dari struktur ini adalah kesederhanaannya yang tercermin dalam kecepatan, kefleksibelan, ketidakmahalan dalam pengelolaan, dan kejelasan akuntabilitas. Satu kelemahan utamanya adalah struktur ini sulit untuk dijalankan di mana pun selain di organisasi kecil karena struktur sederhana menjadi tidak memadai tatkala sebuah organisasi berkembang karena formalisasinya yang rendah dan sentralisasinya yang tinggi cenderung menciptakan kelebihan beban (overload) di puncak.


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html