Minggu, 24 Januari 2016

Tugas Bahasa Indonesia Bagian C

Soal Bagian C Bahasa Indonesia


1. Jelaskan secara ringkas namun jelas apa yang dimaksud dengan KALIMAT!

Jawab : 
  • satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Sedangkan dalam wujud tulisan berhuruf latin, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.) untuk menyatakan kalimat berita atau yang bersifat informatif, tanda tanya (?) untuk menyatakan pertanyaan dan tanda seru (!) untuk menyatakan kalimat perintah. 
2. Susunlah dua sebuah KALIMAT yang mengandung kata yang memiliki makna DENOTATIF dan KOMUTATIF!

Jawab : 
  • Konotatif :
  1. Kenaikan bbm bukan hanya kabar angin.
  2.  Udin sudah mengetahui akal bulus ujang.
  • Denotatif :
  1. Rizka menanam bunga dihalamannya.
  2. Aldri kepasar membeli dada ayam.
3. Susunlah dua sebuah KALIMAT yang mengandung kata kerja TUNJUK dan BALIK yang diberi awalan di dan akhiran kan.

Jawab : 
  • Rizky gemar bermain bola lalu dia ditunjukkan oleh pelatihnya bagaimana cara bermain bola yang baik dan benar.
  •  Rizka membuat suatu puisi romantis untuk ditunjukkan kepada kekasihnya.
  •  Segeralah dibalikkan telor yang digoreng itu sebelum gosong.
  •  Mobil itu terjatuh dari jurang dan harus segera dibalikkan agar pengemudinya selamat.
4. Mengandung kata dari, daripada, di (baik sebagai kata depan maupun awalan), dan ke (baik sebagai kata depan maupun awalan).

Jawab :

 Di suatu tempat olahraga saya melihat seseorang sedang berada di depan kaca memandangi dirinya sendiri, mungkin orang itu merasa bangga atas apa yang telah ia capai selama ini dan berpikiran bahwa dirinya akan menjadi yang lebih baik daripada dirinya yang dulu.
Ia selalu berada ditempat yang sama setiap saya datang ke tempat olahraga itu. Hari demi hari bentuk fisiknya mulai terlihat ada perubahan dari gemuk ke postur badan yang ideal. Jujur, saya termotivasi dan ingin sekali menjadi seperti dia.
Setiap hari saya selalu bermimpi ingin sekali saya memiliki tubuh yang ideal dan dari mimpi itu saya harus dapat mewujudkannya dengan cara berlatih setiap hari untuk mencapai impian saya.

5. Jelaskan secara ringkas namun jelas apa yang dimaksud dengan DIKSI!

Jawab : 
  • Diksi, dalam arti aslinya dan pertama, merujuk pada pemilihan kata dan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara. Arti kedua, arti "diksi" yang lebih umum digambarkan dengan enunsiasi kata - seni berbicara jelas sehingga setiap kata dapat didengar dan dipahami hingga kompleksitas dan ekstrimitas terjauhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html